DIY membuat miniatur Yamaha YZR M1


Membuat Miniatur Yamaha YZR M1 dari bahan limbah. 

Dengan sedikit kreatifitas, mungkin barang-barang bekas yang berada disekitar anda bisa digunakan kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat bahkan memiliki nilai, sehingga menjadi barang yang berguna, bahkan dapat  memberikan penghasilan tambahan, atau kalau perlu dijadikan penghasilan utama.
Jika anda memiliki suatu hobi tetapi memiliki keterbatasan dana mungkin barang-barang bekas tersebut bisa menjadi alternatif dalam menyalurkan hobi, walaupun tidak semua hobi dapat tersalurkan melalui barang bekas sih. Yah setidaknya bagi saya yang hobi replika dan miniatur mungkin ini menjadi solusi sih, karena untuk membeli satu miniatur replika aja, hmmmm mahalnya….belum lagi buat beli peralatan dan aksesoris pendukungnya…
Untuk yang pertama kalinya dalam blog ini saya akan sedikit ‘share’ dalam membuat miniatur replika sebuah motor Balap Yamaha  YZR M1.


Sebelum mulai ke tahap pembuatan, kumpulkan terlebih dahulu gambar atau foto dari Yamaha YZRM1 nya sebagai referensi, sebaiknya didapatkan gambar foto dari berbagai sudut, gambar dari sudut depan, belakang, samping kanan dan kiri serta tampak atas. sebagai contoh nih gambar dibwh (dpt nemu dari hasil googling cuma lupa lagi link situsnya) sbg referensi awal, selebihnya coba di googling aja banyak kok...



Nah jika gambar referensi sudah terkumpul, sekarang kita tentukan ukuran dari miniatur yang akan dibuat, untuk motor yang saya buat dimensinya kurang lebih adalah: panjang 14cm, tinggi 8cm dan lebar sktr 3,5 cm. Untuk mendapatkan ukuran yang mendekati atau sesuai dengan porsi asli, maka perlu dilakukan penskalaan, jika bingung atau ngga tau ukuran dari motor yang sebenarnya, mending lakukan resizing foto aja deh biar gampang, ini yg biasa saya lakukan. caranya yaitu:
  1. Buka program Corel Draw, terserah deh versinya berapa, Insert foto atau gambar hasil googling.
  2. Resize gambar  sehingga sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  3. Ukur masing-masing part motor dengan Dimension Tool, untuk memudahkan  dalam membentuk pola.



Ok, setelah semua bagian motor diukur dan dibuatkan polanya, sekarang kita siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat miniatur.
Alat-alat yang biasa saya gunakan dalam membuat miniatur adalah sebagai berikut :
  1. Rotary Tool
  2. Bor
  3. Cutter
  4. Gergaji
  5. Pensil
  6. Jangka
  7. Penggaris
  8. Kikir
  9. Amplas
  10. Lem
  11. Cat atau Vernish.

Dan untuk bahannya, setelah tengok kanan-kiri akhirnya dapet deh beberapa barang bekas yang kira- kira bisa digunakan untuk membangun replika motor ini, ada kayu bekas peti kemas,  kabel listrik tunggal 2,5 mm, korek gas serta tusuk gigi yang nggak kepake,  tapi bukan bekas pake nih..

Ok ini bagian-bagian motor yang dibuat

Tangki Bensin, Frame, Mesin dan Body belakang

-          Potong kayu dengan gergaji, bentuk pola dasar sesuaikan dengan bentuk dan ukuran yang sudah dibuat sebelumnya. Kaya gini nih contohnya…

-          Bentuk kayu sehingga sesuai dengan bentuk asli dari bagian-bagian motor tersebut, gunakan rotary tool atau mesin tuner untuk membentuknya.
Mata tuner yang yang biasa digunakan untuk membentuk saya pake Drum Sander. Kalo untuk membentuk alur atau ukiran seperti pada mesin, biasanya digunakan Engraving Cutter.

Rotary Tool atau Mesin Tuner


Drum Sander


Engraving Cutter
             
                                                                     

 Sayap samping dan tutup kepala lampu depan

-           
Steering, Shockbreaker dan Spakbor depan

-          Untuk shockbreaker dan steer, pake kabel tunggal diameter 2.5 mm, bagian handle steer dan handle rem diambil dari bagian dalam korek gas..

Arm, Knalpot dan Spakbor  belakang

Ban depan, belakang dan rem cakram

-          Membuat ban depan dan belakang rada-rada susah juga nih, mungkin  bagi yang memiliki mesin bubut ngga terlalu masalah dalam membuat nya, tapi bagi yang ngga punya mesin bubut jangan khawatir, kamu bisa membuat mesin bubut sederhana dengan memanfaatkan mesin rotary tool.
Potong kayu berbentuk kotak sama sisi, buat lingkaran dengan menggunakan jangka untuk membuat pola ban, kemudian bor bagian tengah kayu tersebut, masukkan mandrel (tongkat besi untuk dudukan drum sander) kedalam lobang tersebut, kunci dengan baut pasangannya. Untuk mata pisau bubutnya, bisa menggunakan kikir yang ditajamkan bagian ujungnya, sip jadi dah bubut sederhananya, tinggal nyalakan rotary toolnya, bentuk deh kayu tersebut sehingga menyerupai ban.


Membuat ban dengan rotary rool

-          Langkah terakhir yaitu finishing, haluskan dan bentuk bagian-bagian motor yang masih dirasa kasar,  gunakan amplas, cutter atau kikir. Setelah semua bagian dirasa sudah halus, kini terserah anda apakah akan dicat sesuai warna-warna kesukaan anda, atau hanya divernish saja, tergantung selera anda.
-          Setelah bagian finishing selesai serta cat atau varnish sudah kering, kita rakit dan pasangkan bagian-bagian motor tersebut, gunakan lem untuk merakit bagian-bagiannya agar tidak mudah terlepas.




Ok.. Selamat mencoba…!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya...